Rabu, 21 November 2012

PERTEMUAN PETANI BELIMBING POKTAN TANI MULYO



Penyampaian teknis budidaya belimbing

            Bertempat di rumah Bapak Murni, petani belimbing Desa Tawing pada tanggal 25 September 2012 telah diadakan pertemuan kelompok. Tujuan dari pertemuan tersebut adalah untuk membahas permasalah-permasalahan yang dihadapi oleh petani belimbing.


            Sebelumnya petani belimbing banyak mengeluh, masalah kerontokan pada bunga belimbing. Daun-daun belimbing banyak yang menguning. Akibatnya hasil panen menurun. Setelah melalui diskusi  antar petani belimbing diketahui bahwa perlu diadakan perbaikan dalam hal teknis budidaya belimbing. Budidaya belimbing tidak bisa lepas dari pemilihan bibit, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, pemeliharaan rutin dan penanganan pasca panen.
Tanaman Belimbing
Di Desa Tawing, mayoritas petani membudidayakan belimbing, sebagai usaha sampingan diluar usaha utama budidaya padi dan tembakau. Diakui atau tidak kadang petani kurang perhatian dalam hal pemeliharaannya.  Pemupukan yang tidak berimbang, pengendalian hama yang kurang tepat biasanya banyak menimbulkan masalah pada tanaman belimbing.
Petani Belimbing
Dalam pertemuan tersebut juga diadakan sosialisasi penggunaan pupuk organik, untuk memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. Diharapkan dengan pemakaian pupuk organik, tanaman belimbing dapat tumbuh sehat tidak mudah terserang hama dan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar